PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION (Studi Pada Mahasiswi angkatan 2017-2018 Fisipol Prodi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Lampung Tahun 2020)
Abstract
Komunikasi pemasaran dilakukan oleh berbagai perusahaan, tak terkecuali dibidang bisnis online. Saat ini persaingan dalam bisnis online semakin ketat. Perusahaan harus merancang strategi komunikasi pemasaran yang tepat dalam menarik minat beli konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran Shopee terhadap keputusan pembelian produkĀ fashion pada mahasiswi angkatan 2017-2018 Fisipol Prodi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Lampung tahun 2020.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi pemasaran shopee melalui uji parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan thitung variabel komunikasi pemasaran sebesar 6,791 dimana hasil perhitungan variabel lebih besar dari ttabel-nya yaitu sebesar 2,012, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji koefisien determinasi didapat nilai R square sebesar 50,1%. Sehingga dapat dijelaskan bahwa 50,1% variabel komunikasi pemasaran mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa faktor komunikasi pemasaran adalah hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan omset penjualan dan daya beli melalui e-commerce shopee.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36269/ire.v1i1.351
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.