PERAN KOMUNIKASI NONVERBAL GURU DALAM MEWUJUDKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF (Studi Pada Peserta Didik Kelompok B.3 TK Kartika Jaya II-26 Bandar Lampung Tahun 2019)

Ayu Deska Lestari, Meylin Azizah

Abstract


Komunikasi nonverbal dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari termasuk juga dalam dunia pendidikan, baik pendidikan formal dan informal. Peran guru dalam memberikan edukasi kepada peserta didik dengan menggunakan komunikasi nonverbal dalam mewujudkan komunikasi yang efektif saat proses belajar mengajar, namun masih ada beberapa peserta didik yang merasa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru.

 

Berdasarkan uraian diatas rumusan masalah pada penelitian ini, bagaimana peran komunikasi nonverbal guru dalam mewujudkan komunikasi yang efektif. Bertujuan agar peneliti mengetahui peran guru dalam menggunakan komunikasi nonverbal. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan wawancara sebagai pengumpulan data ke informan 15 orang dan validitas datanya yakni triangulasi.

 

Dari hasil  penelitian ini diketahui bahwa peserta didik yang mempunyai keterlambatan daya tangkap berpikir dapat memahami saat guru menjelaskan materi menggunakan bahasa komunikasi nonverbal harus didampingi dalam pelajaran berhitung, menulis tegak bersambung, membaca huruf alpabet dan kegiatan lainnya seperti menyanyi bersama dan menari serta menghapal doa-doa, dari kegiatan tersebut diketahui bahwa komunikasi nonverbal terbukti membantu dalam proses belajar mengajar sehingga dapat berlangsung dengan baik dan efektif di dalam kelas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v1i1.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.