RETORIKA DOSEN FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUMATRA UTARA DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAH DI MEDAN

Suci Wulandari, Zanniro Sururi Hsb

Abstract


Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Karena penelitian ini menjelaskan fenomena yang terjadi dilapangan dengan cara mengumpulkan data-data yang diperoleh dari informan penelitian. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan ilmu komunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam (In-depth interview) yaitu peneliti melakukan wawancara langsung dengan informan penelitian, dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dengan informan penelitian. Jenis wawancara yang digunakan ialah wawancara tidak terstruktur. Observasi yaitu pengamatan langsung yang dilakukan peneliti dengan melihat aktivitas yang dilakukan, jenis observasi yang digunakan peneliti yaitu observasi partisipan, yaitu suatu periode interaksi sosial yang intensif antara peneliti dan subjek dalam suatu dakwah.
Hasil penelitian yang ditemukan peneliti bahwasannya dakwah dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara telah mendekati dari aspek retorika yaitu informatif, memberikan penerangan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang dipergunakan adalah jelas, mudah dimengerti, disesuaikan dengan tiap tingkat kecerdasan (daya tangkap) pendengarnya dalam memilih kata, dialek, peribahasa, dan sebagainya.

Kata Kunci: Retorika, Komunikasi, Dakwah

References


Aceh, Aboebakar. 1986. Potret Dakwah Muhmmad SAW dan Para Sahabatnya. Solo: Ramadhani.

Ahmad, Amrullah. 1985. Dakwah Islam dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: PLP2M.

Ahmadi, Rulam.2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Amin, Samsul Munir. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.

Arifin. 2000. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi. Jakarta: Bumi Aksara, cet. 5.

B. Miles, Matthew & A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru.Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Dalimunthe, Syairal Fahmy. dan Muhammad Surip. 2013. Retorika Dalam Perspektif Teoritis dan Aplikatif. Jakarta: Halaman Moeka Publishing.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2004.Alquran dan Terjemahannya Al- Jumanatul Ali. Bandung: CV. Penerbit J-Art.

Effendy, Onong Uchyana. 1990. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Cet. 5. Bandung: Rosda Karya.

Hasjmy, A. 1884. Dustur Dakwah Menurut Al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang.

Hendrikus, Dori Wuwur. 1993. Retorika. Yogyakarta: Kalisiar

Kriyanto, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Cet. 7. Jakarta: Kencana

Mahfudz, Syaikh Ali. 1952. Hidayat Al-Mursyidin. Cairo: Dar Kutub Al-Arabiyyah,.

Masy’ari, Anwar. 1993. Butir-Butir Problematika Dakwah Islamiyah. Surabaya: Bina Ilmu.

Morissan, 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Natsir, M. 1986. Fiqhud Da’wah. Solo: CV. Ramadhani, cet. keenam.

Omar, Toha Yahya. 1979. Ilmu Dakwah. Jakarta: Wijaya.

Saputra, Wahidin. 2012. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Pers.

Shihab, Quraish. 2001. Membumikan Al-Qur’an, Fungsi dan peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Cet. 22. Bandung: Mizan.

Suhandang,Kustadi.2009. Retorika Strategi Teknik dan Taktik Pidato. Bandung: Nuansa.

Sukayat, Tata. 2009. Quantum Dakwah. Jakarta: Rineka Cipta

Taimiyah, Ibnu. 1985. Majmu Al-Fatawa. Juz 15. Riyadh: Mathabi Ar-Riyadh.

West, Richard dan Lynn H. Tumer. 2007. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta:




DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v5i1.3123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.