PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI SISWA MASUK PERGURUAN TINGGI (Studi Pada Siswa SMAN 1 Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara)

Immwati asniar, Sinta Virdayani, Emy purnamasari

Abstract


Sekolah Menengah Atas (SMA) pada dasarnya membekali siswanya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, hal ini kerap menimbulkan keraguan bagi para siswa. Peran guru bimbingan konseling di sekolah salah satunya adalah untuk mengarahkan siswa melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jumlah key informan 7 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran komunikasi interpersonal guru bimbingan konseling sudah berjalan dengan baik, terbukti dari siswa yang melakukan konsultasi dan memperoleh solusi untuk dapat memutuskan tindakan yang akan dijalani selanjutnya. Hanya saja masih ditemukan kesulitan mengubah anggapan siswa bahwa guru bimbingan konseling identik dengan guru yang galak, tegas, dan hanya mengurusi siswa yang memiliki masalah. Kata Kunci : Peran Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling, Motivasi, Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Lilliweri, Alo, 2017, Komunikasi Antar

Personal, Kencana, Jakarta.

M. Luddin, A. B. 2010, Dasar-Dasar

Konseling, Ciptapustaka Media Perintis,

Bandung.

Moleong, Lexy, J, 2020, Metodologi

Penelitian Kualitatif, PT Remaja

Rosdakarya, Bandung.

Mulyana, Dedy, 2017, Ilmu Komunikasi

Suatu Pengantar, PT Remaja Rosda

Karya, Bandung.

Murtiadi dkk, 2015, Psikologi Komunikasi,

Yogyakarta.

Nursalim, mochamad, 2015,

Pengembangan Profesi Bimbingan Dan

Konseling, PT Gelora Aksara

Pratama

Prayitno, dan Amti E, 2015, Dasar-Dasar

Bimbingan dan Konseling, PT Asdi

Mahasatya, Jakarta.

Rahayu, Anik, P, 2019, Model dan strategi

tata kelola perguruan tinggi berdaya

saing, Deepublish, Yogyakarta

Ruslan, Rosady, 2017, Metodelogi

Penelitian Public Relation Dan

Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Sardiman, A.M, 2016, Interaksi Dan

Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja

Grafindo Persada, Jakarta.

Soekanto, Soerjono, dan Budi

Sulistiyowati, 2014, PT Raja Grafindo

Persada, Jakarta.

Tambunan, S.T, 2015, Pemimpin dan

Kepemimpinan, Graha Ilmu,

Yogyakarta.

Tohirin, 2011, Bimbingan Konseling Di

Sekolah Dan Madrasah, PT Raja

Grafindo Persada, Jakarta.

Skripsi

Arsito, Denisa Rahman. 2015. Komunikasi

Interpersonal Guru Bimbingan

Konseling Dalam Meningkatkan

Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah

Menengah Pertama. Skripsi. Universitas

Islam Negeri Sunan Kalijaga

Yogyakarta.

F, Rahma Mawirzha Haq. 2018.

Komunikasi Interpersonal Guru Dalam

Memotivasi Belajar Siswa SMK TPI

Gendangan Sidoarjo. Skripsi.

Universitas Islam Negeri Suanan Ampel

Surabaya

Lestari, Puji. 2018. Peran Komunikasi




DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v4i2.2967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.