STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATION MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN RESERVASI HOTEL DE GREEN BANDAR LAMPUNG

Immawati asniar, Meylin Azizah, Pandu Juharandi

Abstract


Penelitian ini membahas strategi komunikasi Customer Relation Management dalam meningkatkan reservasi Hotel De Green Bandar Lampung Customer Relation Management digunakan sebagai alat strategis untuk mengoptimalkan interaksi antara Hotel dan tamu melalui personalisasi layanan, komunikasi multi-saluran, dan respons yang cepat. Data penelitian bersumber pada primer dan skunder dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa Hotel De Green Bandar Lampung dapat menciptakan pesan yang relevan dan tersegmentasi, yang meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran. Komunikasi yang proaktif, seperti pengiriman pengingat reservasi, informasi checkin/check-out, dan update fasilitas, terbukti mampu meningkatkan kepuasan tamu dan mendorong mereka untuk melakukan pemesanan ulang. Selain itu, penggunaan teknologi seperti chatbots dan AI dalam merespons pertanyaan tamu secara real-time, mempercepat pelayanan dan menciptakan pengalaman tamu yang lebih positif., penelitian ini juga menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang efektif dalam customer relation management tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan tetapi juga secara signifikan berkontribusi pada peningkatan jumlah reservasi Hotel. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Customer relation management, reservasi ,Hotel

Full Text:

PDF

References


Ariesto H. Sutopo. 2012. Teknologi

Informasi dan Komunikasi.

Yogyakarta: Graha Ilmu

Atep Adya Barata, 2013, Dasar- dasar

Pelayanan Prima, Jakarta, PT. Ellex

Media Komputindo

Kennedy, John. E., Soemanagara, R.

Dermawan. (2019), Marketing

Communication: Taktik & Strategi,

Jakarta, PT. Bhuana Ilmu Populer.

Lexy moleong, 2019, Metode penelitian

kualitatif, Bandung, Rosdakarya

Nurpratama Meddy, 2022, pengantar

Manajemen, Yogyakarta, K- Media

Ruslan Rosadi, 2018, Managemen Public

relations Dan Media Komunikasi,

Depok, Rajawali pres

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian

Kombinasi (Mixed Methods).

Bandung: CV Alfabeta.

Tjiptono Fandy, 2016, Pemasaran : Esiensi

dan Aplikasi, Yogyakarta, Andi

Offset

JURNAL

Alfian, E. R., Suardika, I. B., & Septiari, R.

(2021). Strategi Customer

Relationship Management (CRM)

Dalam Segmenting Untuk

Meningkatkan Daya Saing Pada

Hotel Gemilang Muara Bulian.

Jurnal Valtech, 4(2), 149–156.

Zahra, F., Sukoco, I., Auliana, L., & Barkah,

C. (2022). Komunikasi Efektif

Dalam Membangun Strategi

Customer Relationship

Management. GANDIWA Jurnal

Komunikasi, 2(1), 41




DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v4i1.2748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.