STRATEGI MEDIA MONITORING PT. KINANTI STRATEGI UTAMA DALAM HANDLING KRISIS PEMBERITAAN MEDIA

Imelda Adriani, Tria Patriani, Oktaviana Purnamasari

Abstract


Setiap instansi pemerintahan perlu memantau setiap berita yang disebarkan oleh media. Baik itu
media cetak, media massa, ataupun media daring/online. Tujuan kegiatan media monitoring
sendiri merupakan salah satu cara untuk memantau dan menganalisis berbagai pemberitaan, yang
disebarkan oleh media melalui tools media yang dipilih. Akibat maraknya berbagai pemberitaan
hoax di berbagai media, maka pemantauan media melalui kegiatan media monitoring ini perlu
dilakukan. Pada penelitian ini menekankan pada strategi media monitoring dalam handling crisis
pemberitaan media. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan diskriptif kualitatif.
Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja yaitu di PT Kinanti Strategi Utama sebagai konsultan
independen yang bekerja keras untuk membantu klien dalam mengatasi tantangan komunikasi
dengan mencapai tujuan dan nilai bisnis bagi semua pemangku kepentingan. Sumber dan data
dikumpulkan melalui aktifitas magang, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas yang dilakukan Sub Bagian Media Monitoring
dalam memonitor suatu berita dilakukan dengan baik karena PT Kinanti Strategi Utama ini
mempunyai bagian khusus untuk melakukan monitoring berita. Sehingga secara umum aktivitas
media monitoring PT Kinanti Strategi Utama sudah memberikan penawaran dan pelayanan yang
baik kepada klien.


Kata kunci : Strategi Media Monitoring, Handling Crisis, Pemberitaan Media

 


Full Text:

PDF

References


%2520Diah%2520Septia%2520Fira.p

df

Kriyantono, R. (2018). Public Relations,

Issue & Crisis Management

Pendekatan Critical Public Relations.

Kencana.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi

Penelitian Kualitatif. PT Remaja

Rosdakarya.

Indah, L. D. (2013). Penerapan Strategi

Komunikasi Krisis Terhadap Krisis

Akibat Pemberitaan Media. Jurnal

Komunikasi.

https://www.academia.edu/4101301/Ju

rnalilmiah

Nova, F. (2011). Crisis Public Relations:

Bagaimana PR Menangani Krisis

Perusahaan. Grasindo.

Rini, D. (2012). Media relations konsep

strategi dan aplikasi. C.V ANDI

OFFSET.

Soleh Soemirat, E. A. (2017). Dasar – dasar

Public Relations. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran.

Andi.




DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v3i1.2104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.