HUBUNGAN ANTARA PRIVATE LABEL INDOMARET DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara citra
merek private label Indomaret yang terdiri dari asosiasi merek, dukungan asosiasi merek,
kekuatan asosiasi merek, keunikan asosiasi merek dengan keputusan pembelian
konsumen followers aktif akun twitter @Indomaret. Teori yang digunakan sebagai
landasan dari penelitian ini adalah Reasoned Action Theory. Penelitian ini menggunakan
metode korelasional dengan menggunakan uji statistik Spearman Brown. Data yang
terkumpul merupakan hasil pengisian kuesioner yang diisi oleh 114 responden yang
merupakan followers aktif akun twitter @Indomaret dengan pengambilan sampel yang
digunakan adalah teknik simple random sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
citra merek private label Indomaret dengan proses keputusan pembelian konsumen pada
followers aktif twitter @Indomaret. Penelitian ini mengemukakan bahwa terdapat
hubungan yang sangat kuat pada satu sub variabel (asosiasi merek), hubungan yang kuat
pada 2 sub variabel (dukungan asosiasi merek dan kekuatan asosiasi merek) dan
hubungan yang cukup kuat pada satu sub variabel (keunikan asosiasi merek).
Kata Kunci : Citra Merek, Private Label, Indomaret, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. (1996). Building Strong
Brands. New York: The Free
Pers.
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980).
Understanding Attitudes and
Predicting Social Behavior.
Upper Saddle River: Prentice
Hall.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Assael, H. (1987). Customer Behavior
and MArketing Action 3rd
Edition. Boston: PWS-KENT
Publishing Company.
Azwar, S. (1995). Sikap Manusia: Teori
dan Pengukurannya. Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Bungin, B. (2008). Metode Kuantitatif.
Jakarta: Kencana.
Effendi, S., & Tukiran. (2012). Metode
Penelitian Survey. Jakarta:
Penerbit LP3ES.
Engel, J., Roger, D., & Miniard, P.
(1995). Consumer Behavior.
New York: Dryden Press.
Germain , D., Wakefield, M., & J, D. S.
(2009). Adolescents Perception
of Cigarette Brand Image: Does
Plain Packaging Make a
Difference? Journal Marketing,
DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v3i1.2101
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.