HUBUNGAN ANTARA PRIVATE LABEL INDOMARET DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

Rafiani Nurul Fauziah, Agrian Ratu Nanda, Budi Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara citra
merek private label Indomaret yang terdiri dari asosiasi merek, dukungan asosiasi merek,
kekuatan asosiasi merek, keunikan asosiasi merek dengan keputusan pembelian
konsumen followers aktif akun twitter @Indomaret. Teori yang digunakan sebagai
landasan dari penelitian ini adalah Reasoned Action Theory. Penelitian ini menggunakan
metode korelasional dengan menggunakan uji statistik Spearman Brown. Data yang
terkumpul merupakan hasil pengisian kuesioner yang diisi oleh 114 responden yang
merupakan followers aktif akun twitter @Indomaret dengan pengambilan sampel yang
digunakan adalah teknik simple random sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
citra merek private label Indomaret dengan proses keputusan pembelian konsumen pada
followers aktif twitter @Indomaret. Penelitian ini mengemukakan bahwa terdapat
hubungan yang sangat kuat pada satu sub variabel (asosiasi merek), hubungan yang kuat
pada 2 sub variabel (dukungan asosiasi merek dan kekuatan asosiasi merek) dan
hubungan yang cukup kuat pada satu sub variabel (keunikan asosiasi merek).
Kata Kunci : Citra Merek, Private Label, Indomaret, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (1996). Building Strong

Brands. New York: The Free

Pers.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980).

Understanding Attitudes and

Predicting Social Behavior.

Upper Saddle River: Prentice

Hall.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assael, H. (1987). Customer Behavior

and MArketing Action 3rd

Edition. Boston: PWS-KENT

Publishing Company.

Azwar, S. (1995). Sikap Manusia: Teori

dan Pengukurannya. Yogyakarta:

Pustaka Belajar.

Bungin, B. (2008). Metode Kuantitatif.

Jakarta: Kencana.

Effendi, S., & Tukiran. (2012). Metode

Penelitian Survey. Jakarta:

Penerbit LP3ES.

Engel, J., Roger, D., & Miniard, P.

(1995). Consumer Behavior.

New York: Dryden Press.

Germain , D., Wakefield, M., & J, D. S.

(2009). Adolescents Perception

of Cigarette Brand Image: Does

Plain Packaging Make a

Difference? Journal Marketing,




DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v3i1.2101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.