INTEGRATION OF THE HISTORY OF MATHEMATICS IN GEOMETRY LEARNING: SYSTEMATIC REVIEW
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
N. Fajriah et al., “Eksplorasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Geometri untuk Meningkatkan Literasi Siswa,” J. Pengabdi. Masy., 2022.
A. Maseleno, T. Susilowati, and R. Chauhan, “Ethnomathematics wat hua lamphong temple,” Hipotenusa J. Res. Math. Educ., vol. 7, no. 2, pp. 79–91, 2024.
U. T. Ainiyyah and R. Rustanuarsi, “ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI KONSEP GEOMETRI TRANSFORMASI PADA KAIN TENUN LUNGGI SAMBAS,” Hipotenusa J. Res. Math. Educ., vol. 8, no. 1, pp. 17–29, 2025.
A. D. Fachrudin and I. B. Kusumawati, “Pendekatan geometris yang melibatkan sejarah matematika dalam pembelajaran penyelesaian persamaan kuadrat,” J. Elektron. Pembelajaran Mat., vol. 5, no. 1, pp. 90–97, 2018.
R. Vogel and W. H. Güttel, “The Dynamic Capability View in Strategic Management: A Bibliometric Review,” Int. J. Manag. Rev., vol. 15, no. 4, pp. 426–46, 2013, doi: 10.1111/ijmr.12000.
N. J. Eck and L. Waltman, “Visualizing Bibliometric Networks,” Meas. Sch. Impact, pp. 285–320, 2014.
M. M. Mintii, “STEM education and personnel training: Systematic review,” in Journal of Physics: Conference Series, 2023, vol. 2611, no. 1, doi: 10.1088/1742-6596/2611/1/012025.
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Alfabeta, 2015.
D. Renaldi, “Pendekatan geometri dalam konsep penyelesaian persamaan kuadrat dengan melibatkan sejarah matematika,” Duniailmu.org, vol. 1, no. 2, 2021.
E. Widyastuti, A. Trijayanti, D. Harahap, R. M. Ananda, S. Jariyah, and U. Kalsum, “Meningkatkan pemahaman sejarah matematika dengan mengeksplorasi ethnomathematics terhadap bangunan bersejarah di Indonesia,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, no. 4, pp. 14543–14550, 2024.
A. D. Fachrudin, “Pendekatan geometri untuk membangun konsep penyelesaian persamaan kuadrat berdasarkan perspektif sejarah,” J. Edukasi, vol. 1, no. 2, 2015.
E. Widyastuti, F. Wardahlia, O. Gulton, and dkk, “Mengintegrasikan sejarah matematika dalam pembelajaran melalui pendekatan inovatif untuk meningkatkan pemahaman konsep,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, no. 4, pp. 14543–14550, 2024.
R. Romadhonah and Y. Sulistyorini, “Studi etnomatematika geometri pada artefak peninggalan sejarah di Kota Malang,” Mathema J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 258–268, 2023.
E. Widyastuti, F. Wardahlia, I. Y. Sinaga, Khazanah, and L. C. E. B. Jawak, “Mengintegrasikan sejarah matematika dan pendekatan geometris dalam pemahaman persamaan kuadrat,” MES J. Math. Educ. Sci., vol. 10, no. 1, pp. 262–269, 2024.
R. A. Muhammad Hakim Setiawan and R. Nurmeidina, “Kemampuan Numerasi Siswa Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Posisi Garis Terhadap Lingkaran,” Hipotenusa J. Res. Math. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 122–143, 2023.
DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v8i2.3075
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0). Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung. p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X