IMPLEMENTASI NUMBER HEADS TOGETHER SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN STUDENTS ENGAGEMENT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Pembelajaran menjadi salah satu bagian penting dalam pendidikan. Tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran saat ini untuk dapat membuat siswa terlibat aktif tidaklah mudah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Number Heads Together. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Number Heads Together sebagai strategi untuk meningkatkan students engagement pada siswa sekolah menengah atas. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan teknik analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil analisis terhadap studi literatur yang telah dilakukan ditemukan bahwa implementasi model pembelajaran Number Heads Together dapat meningkatkan students engagement yang kemudian juga membawa dampak positif terhadap hasil belajar dan prestasi siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adnyana, P. P., & Runimeirati, R. (2021). Pembelajaran Number Head Together (NHT) pada keterampilan berbicara siswa. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 1(4), 230-235.
Andaritidya, A. (2014). Efektivitas pembelajaran kooperatif stad dalam meningkatkan perilaku keterikatan siswa sd dalam pelajaran matematika. Jurnal Psikologi, 7(2).
Dharmayana, I. W. (2012). Keterlibatan siswa (student engagement) sebagai mediator kompetensi emosi dan prestasi akademik. JURNAL PSIKOLOGI, 39(1), 76-94.
Efendy, G. (2014). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan partisipasi social siswa kelas V SDN Putat Gede II Surabaya. JPGSD. 2(2), 1-11.
Fredricks, J. A., Filsecker, M & Lawson, M.A. (2016). Student engagement, context, and adjustment: Addressin definitional, measurement, and methodological issues. Learning and instruction.
Gunuc, S & Kuzu, A. (2015). Student engagement scale: Development, reliability and validity. Assessment & Evaluation in Higher Education, 40(4), 587-610.
Hanifah, M. (2016). Improving student engagement in writing using numbered heads together (NHT) (a classroom action research in class VII B of SMP Negeri 16 Surakarta in academic year of 2015/2016). Skripsi.
Kholis, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Iqra': Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 69-88.
Kusyanti, R. N. T. (2021). Hubungan antara stres akademik dan student engagement siswa sma pada masa pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 315-320.
Laksono, P. J. (2014). Penerapan model pembelajaran numbered head together (NHT) dengan media handout sebagai upaya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas X. 2 ICT 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(1), 80-85.
Lasantu, M. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada kelas XI IPA-5 di SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo
Maya, A., Ginting, N., & Tuah, S. (2019). Upaya meningkatkan kreativitas belajar biologi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) di MAN Siabu. PeTeKa, 2(1), 1-8.
Mustika, R.A., & Kusdiyati,S. (2015). Studi deskriptif student engagement pada siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung. Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Sosial Humaniora) Psikologi, Gelombang 2, Tahun Akademik 2014-2015. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1204.
Nurrindar, M., Wahjudi, E. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap keterlibatan siswa melalui motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 140-148.
Pramusinto, N. D., Wahyuni, S., & Totalia, S. A. (2016). Penerapan Number Heads Together Untuk Meningkatkan Students Engagement Dan Hasil Belajar SMKN 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2(1), 1-18.
Pramusinto, N., Wahyuni, S., & Totalia, S. A. (2016). Penerapan Number Heads Together untuk meningkatkan students’engagement dan hasil belajar SMKN 3 SURAKARTA. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2(1).
Sa, S. L. Y., Surat, S. (2021). Faktor dan kesan keterlibatan pelajar terdahap pencapaian akademik (factor and implication of student engagement on achievement). International Journal of Advanced Research in Islamic Studies dan Education (ARISE), 1(3), 81-91.
Sa’adah, U., Ariati, J. (2018). Hubungan antara student engagement (keterlibatan siswa) dengan prestasi akademik mata pelajaran matematika pada siswa kelas xi sma negeri 9 semarang. Jurnal Empati, 7(1), 69-75.
Suardini, A. A. O. S. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar rias wajah khusus untuk kreatif (cikatri). Journal of Education Action Research. 3(1), 45-52.
Sucidamayanti, N. P. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Journal of Education Action Research, 1(3), 184. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12683.
Sugiyono. 2005. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sulfiani, R. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Watampone (studi pada materi pokok struktur atom, sistem periodik unsur dan bentuk molekul). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 17(1), 1-13.
Utami, A. D., & Kusdiyati, S. (2019). Hubungan antara student engagement dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI di Pesantren Persatuan Islam No. I Bandung. Prosiding Psikologi, 1(2). http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1006.
Wardah, D., & Nasrudin, H. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) untuk melatihkan keterampilan komunikasi siswa SMA kelas XI pada materi pokok asam basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(1), 127-132.
DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v4i1.700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PSYCHE Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.