HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER

Dewi Avianti, Octa Reni Setiawati, Dewi Lutfianawati, Asri Mutiara Putri

Abstract


Stres akademik merupakan tekanan yang dirasakan oleh individu dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Fenomena yang terjadi adalah mahasiswa tidak begitu yakin dengan kemampuan yang dimiliki sehingga menyebabkan stres akademik dalam mencapai tujuan perkuliahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Program Studi Pendidikan Dokter. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara  efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Program Studi Pendidikan Dokter. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 101, berusia antara 17 sampai 22 tahun diambil dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Program Studi Pendidikan Dokter angkatan 2019 dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri dan skala stres akademik, metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis product moment dari Spearman’s. Hasil analisis data bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri  dengan  stres  akademik   pada  Mahasiswa   Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Program Studi Pendidikan Dokter.

 

Kata kunci: Efikasi Diri; Stres Akademik


Keywords


Kata kunci: Efikasi Diri; Stres Akademik



DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PSYCHE Index:

       

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats