HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN REGULASI DIRI PADA SANTRI MADRASAH DINIYAH DI SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena santri yang mengalami permasalahan regulasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara religiusitas dan regulasi diri pada santri madrasah diniyah di Sidoarjo. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini adalah religiusitas sebagai variabel bebas dan regulasi diri sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di madrasah diniyah dengan jumlah sampel sebanyak 65 santri yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala psikologi model Likert, yaitu skala religiusitas dan skala regulasi diri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara religiusitas dengan regulasi diri pada santri madrasah diniyah di Sidoarjo. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi product moment dari Pearson menggunakan bantuan program SPSS for windows. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,720 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 artinya ada hubungan positif antara religiusitas dengan regulasi diri yang signifikan dan searah. Sehingga semakin tinggi religiusitas maka semakin tinggi pula regulasi diri pada santri di Madrasah Diniyah di Sidoarjo, begitu pula sebaliknya. Adapun sumbangan efektif religiusitas terhadap regulasi diri adalah sebesar 51,1%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwisol. (2016). Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: UMM Press
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI. (2000). Pedoman penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Jakarta: Depag
Diamond, Lisa M, & Aspinwall, Lisa G. (2003). Emotion Regulation Across the Life Span: An Integrative Perspective Emphasizing Self-Regulation, Positive Affect, and Dyadic Processes. Journal of Motivation and Emotion. Vol. 27, No.2.
Haedar, A. & El-Saha, M. I. (2008). Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Diva pustaka.
Husna, T. A., Mayangsari, M. D., & Rachmah, D. N. (2018). Peranan Kecerdasan Spiritual terhadap Regulasi Diri dalam Belajar pada Santriwati di SMP Darul Hijrah Puteri Martapur. Jurnal Ecopsy, Vol 5, No 1.
Koole, S. L., Meijer, M., & Remmers, C. (2017). Religious rituals as tools for adaptive self-regulation. Religion, Brain & Behavior, 7:3, 250-253.
Laiyina, S. Z. (2016). Hubungan religiuistas dan kontrol diri dengan kepatuhan santri pada aturan di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Karangbesuki Sukun Malang. Skripsi diterbitkan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
McCullough, M. E. & Willoughby, B. L. B. (2009). Religion, self-regulation, and self-control: Associations, explanations, and implications. Psychological Bulletin, 09, 29-33.
Melsani. 2018. Bimbingan agama dalam meningkatkan regulasi diri narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Menggala Tulang Bawang. Skripsi diterbitkan, Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Nabila, N. & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri pada santri remaja Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo. Jurnal Penelitian Psikologi, Vol 06, No 03.
Ormrod, J. E. (2012). Human Learning. 6th. ed. New York: Pearson.
Santoso, S. L. (2015). Hubungan regulasi diri dengan coping stress berfokus masalah pada pengurus ORMAWA FIP UNY. Skripsi diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Santrock. (2012). Life-span Development (Perkembangan Masa Hidup) Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga. alih bahasa: Benedictine Wisdyasinta.
Ula, Z. (2018). Hubungan antara religiuisitas dengan kecenderungan perilaku delinquency remaja pada siswa SMP Hasan Munadi Beji Pasuruan. Skripsi diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Zimmerman, B. J. (2000). Attaining self-regulation: A social cognitive perspective. In Handbook of Self-Regulation. San Diego Academic Press.
DOI: https://doi.org/10.36269/psyche.v2i2.240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PSYCHE Index:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.