PUZZLE DAN SULING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK DI TPA EARLY GROW MALANG

Adinda Ulfa Permatasari, Farah Farida Tantiani

Abstract


Banyaknya pasangan suami istri yang bekerja menyebabkan anak-anak mereka dititipkan di Tempat Penitipan Anak (TPA), sehingga pengurus TPA pun harus menyediakan pelayanan untuk mengoptimalkan perkembangan tiap anak tersebut. Pelayanan ini termasuk juga pada anak-anak yang berkebutuhan khusus. Dalam penelitian pendahuluan ini, pengambilan data dilakukan di sebuah TPAEarly Grow (EG) di kota Malang yang salah satu anaknya tampak memiliki keterlambatan bicara dengan memberikan intervensi berupa permainan puzzle dan suling, yang merupakan permainan di TPA tersebut. Kegiatan ini dilakukan selama 17 kali pertemuan. Pada latihan tahap terakhir, subjek sudah mulai bercerita tentang apa yang dilakukannya, mulai bertanya dengan mengontrol nada bicaranya, mampu menyusun puzzle dengan cepat dan berani bertanya saat tidak mengetahui letak potongan puzzle yang benar. Dari hasil pelaksanaan program dapat disarankan agar pada anak-anak yang mengalami hambatan dalam kemampuan komunikasi dapat diberikan program bermain sosial dengan perlengkapan sederhana yang ada di TPA tersebut, seperti puzzle dan alat musik yang melatih gerakan oral anak.


Keywords


kemampuan bicara anak; tempat penitipan anak; bermain

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :