EFEKTIVITAS HYPNOTEACHING BAGI ANAK PRASEKOLAH

Widyaning Hapsari, Rintis Rizkia Pangesti

Abstract


Hypnoteaching merupakan metode pembelajaran terbaru yang dapat diterapkan dalam bidang pendidikan, khususnya untuk proses pembelajaran. Hypnoteaching merupakan gabungan dari lima metode pembelajaran, yaitu quantum learning, accelerate learning, power teaching, Neuro-Linguistic Programming (NLP) dan hypnosis. Pembelajaran dengan metode hypnoteaching menekankan pada komunikasi alam bawah sadar siswa, baik yang dilakukan dalam kelas maupun di luar kelas dengan berbagai cara seperti sugesti dan imajinasi. Oleh karena itu, para pendidik diharapkan dapat menguasai metode hypnoteaching ini sebagai salah satu metode pembelajaran di sekolah dalam menyampaikan materi pelajaran yang sesuai dengan otak dan pemahaman mereka guna meningkatkan hasil belajar peserta didik secara optimal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan konsep pembelajaran menggunakan metode hypnoteaching untuk anak usia dini. Target khusus dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah metode hypnoteaching dapat diterapkan untuk pembelajaran anak usia dini. Sedangkan target jangka panjang adalah hasil penelitian ini akan menjadi acuan bagi pendidik maupun akademisi dalam merancang model pembelajaran di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam 

penelitian ini adalah metode Research & Development (R&D) dengan tiga tahap yaitu analisa, rancangan, dan pengembangan model. Subjek penelitian yaitu siswa Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Kebumen. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah produk berupa media pembelajaran metode hypnoteaching. Produk yang diberi nama hypno kit berisi perangkat-perangkat yang dapat digunakan guru dalam mempraktikan hypnoteahing antara lain modul hypnoteaching, buku latihan, gambar, buku skrip dll. Dalam pengembangan produk, penelitian ini melibatkan tiga expert judgment untuk melakukan validasi modul. Produk yang telah divalidasi kemudian diuji cobakan pada subjek penelitian yaitu guru dan siswa. Berdasarkan hasil uji coba dan evaluasi diketahui bahwa metode hypnoteaching layak untuk dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran untuk anak usia dini. Namun demikian karena metode yang belum familiar di kalangan pendidik anak usia dini, metode ini perlu untuk di dalami lebih jauh dengan sosialisasi atau program pelatihan khusus bagi guru di kemudian hari.


Keywords


metode hypnoteaching, anak usia dini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :