KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED

Muhammad Anwar Sidik, Dwi Desmayanasari, Noprisa Noprisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran open ended. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu MTs kota Bandar Lampung sebanyak 60 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 30 siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran open ended dan kelas kontrol sebnyak 30 siswa memperoleh pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan mengacu padaindikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian ini menunjukan secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran open ended tidak lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan saintifik.

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, As’ari dkk. 2017. Buku Guru Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Nuraini, Siti. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Model Reciprocal Teaching Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru. Pekan Baru: UIN Sultan syarif kasim pekanbaru.

Supardi. 2012. Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2(3) 248-262.

Noor, Juliansyah. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada media Group.

Fajriyah, N. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Di Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 2., hlm 157 – 165

Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Budiyono. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Istianah, E. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Volume 2, Nomor 1.

Suherman, Herman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Djadir dan Shid. 2015. Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pbi Dengan Pendekatan Open-Ended Di SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, Volume 18, Nomor 1

Ansori, Hidayah dan Sutrisna, W Banu Oka. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri Alalak Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 2.

Yuninta, T. N. H. 2014. Hambatan Seseorang Mengembangkan Kemampaun Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Widyasari Press, Volume 16 Nomor 2




DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v6i2.150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:

 

 

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung.  p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X