KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN HANDS-ON ACTIVITY
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Hands-On Activity dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen berupa angket kemandirian belajar matematik siswa yang terdiri dari 23 pernyataan (13 pernyataan positif dan 10 pernyataan negatif) dengan respon berdasarkan skala likert skor 1 sampai 4. Hasil yang diperoleh yaitu kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Hands-On Activity tidak lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Akan tetapi, meskipun pencapaian kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Hands-On Activity tidak lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, jika Hands-On Activity ini secara konsisten diterapkan dalam pembelajaran maka bukan tidak mungkin akan memunculkan indikator kemandirian belajar dalam sikap siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Schunk, D.H. & Zimmerman, B.J. (1994). Self-regulation in education: retrospect and prospect. In D.H Schunk & B.J. Zimmerman (Eds.), Self-regulation of learning and performance. Hillsdale, NJ: Erlbaum
Darr, C. & Fisher, J. (2004). Self regulated learning in the mathematics class. Paper presented at NZARE Conference, Turning the Kaleidoscope, Wellington, 24 – 26 November 2004.
Turmudi. (2009). Taktik dan strategi pembelajaran matematika: referensi untuk guru smp/mts, mahasiswa dan umum. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.
Kartono. (2010). Hands on activity pada pembelajaran geometri sekolah sebagai assesmen kinerja siswa. Jurnal Kreatif Inovatif, 1(1): 21-32.
Hendriana, H. & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.36269/hjrme.v3i1.146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) indexed by:
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0). Copyright © Online Journal System Universitas Muhammadiyah Lampung. p-ISSN 2621-0630 | e-ISSN 2723-486X